Jumat, 11 Oktober 2013

Kosmetik Halal, Wardah inspirasi kecantikan




Assalamualaykum.. :)
Halo manteman,

sebelumnya ijinkan saya untuk curcol dulu yah. *plak* :D  sejak SMP tahun 2004, saya mulai mengenakan hijab. Tapi sayangnya cuman saya pake kesekolah aja, SMA pun masih begitu. Tutup buka. huhuhu. Suatu ketika, Allah memberikan ujian yang berat meurut penilaian saya. Saat itu saya merasa terpuruk, berpisah dengan orang yang kita cintai itu rasanya sulit diterima logika, tetapi saya sangat bersyukur karna Allah telah membukakan hati saya untuk belajar ikhlas. Dari situ saya banyak belajar: menerima dan mengerti. Tidak selamanya kita senang ataupun sedih terus. Kehidupan itu berputar, seperti roda.  Maka kita harus siap menerima segala kenyataan yang ada. Allah memerikan ujian melainkan sesuai kesanggupan kita.
Allah berfirman: "Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. Ia mendapa pahala (dari kebaikan) yang diusahakanya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakan." (QS. Al-Baqarah:286)

Tidak lengkap rasanya kalau kita tidak mencari tau kebenaran itu datangnya dari mana. Bahkan, Allah memerintahkan kita untuk mencari ilmu walaupun sampai ke negeri cina. *banyak yang bilang begitu sih* hehhe. Dari situlah saya banyak belajar terutama men-charge kerohanian yang mulai terkikis dan melakukan hal-hal yang positif: membaca buku, artikel ataupun berdiskusi dengan orangtua bahkan sahabat saya. Akhirnya, percaya diri saya mulai meningkat. Saya juga melakukan banyak hal: terutama hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri. Let's do more. Mulailah dari yang terkecil and look! you have done many things. Itulah kunci yang saya terapkan sekarang ini dan saya telah merasakan dampak tersebut, walaupun nilanya kecil tapi saya sangat bersyukur, karena semua itu adalah usaha saya untuk menjadi lebih baik.

Alhamdulillah, akhir tahun 2012 saya resmi mengenakan hijab, kemanapun pergi, tidak tutup buka lagi. Beberapa sahabat saya bilang: style saya jadi aneh. Katanya kaya emak-emak yang mau pengajian. Saya tidak lagi mengenakan jeans kecuali pergi jauh itupun pake baju yang panjang plus longgar. Awalnya memang terlihat aneh tapi saya tetap menikmati semuanya. InsyaAllah saya Ikhlas melakukannya. Toh, memang seharusnya seorang muslimah menutup seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah. Dan sekarang, saya telah jatuh cinta dengan hijab.

Tahun 2012 yang lalu, Hijab style lagi booming. Saya semakin semangat lagi berhijab dan percaya diri. Waktu itu saya banyak belajar searching internet dan saya nemukan blog yang memuat beberapa tutorial hijab. Isinya bagus banget lalu saya download tutorialnya. Akhirnya, saya bisa sendiri dan menciptakan style hijab untuk sendiri. Menyenagkan. Memang hijab style ini bukanlah hijab yang syari' menurut agama islam. Tapi, kalau menurut saya tidak ada salahnya, asalkan bajunya longgar dan tidak menampakan lekuk tubuh. Sebagai hijaber mania, tentunya harus menciptakan sesuatu yang baru dan saya telah menciptakan banyak variasi. Awalnya iseng, ikutin trend. Tapi, sahabat saya ada yang ingin berhijab ala saya. Asyik kan kalau kita jadi inspirasi orang lain :).
Salah satu sahabat saya yang belum berhijab bilang: "Nenk, kamu cantik deh dengan hijab itu, aku mau dong didandanin kaya kamu"
kataku "Alhamdulillah, boleh. Kapan?" "Secepatnya!" katanya mantap.
Jujur, waktu itu saya sangat bahagia sekali, karena ada sahabat yang mau merubah penampilannya. Akhirnya dia sekarang pake hijab. Alhamdulillah. Semogga saya mendapatkan pahala dari apa yang telah Allah anugrahkan untuk saya. Aamiin.

KOLEKSI FOTO with My HIJAB STYLE
 Saya gak suka menor kalau dandan, sukanya natural.



 
 

Waktu itu sahabat saya minta didandanin pake hijab ala saya. Tadaaaa.... Elsa tampak cantik ya.. Ini hasil kreasiku. Cakep :)





Walalala... Potonya banyak. Maaf, maaf numpang lewat. :D


Waktu itu pernah debat dengan sahabat saya: mengenai kosmetik halal . Saya sangat ragu-ragu sekali. Apalagi, sekarang saya sangat berbeda dengan yang dulu. Tentunya, perlakuan untuk diri saya pun harus berberda. Sejak itu, sayapun mencari tahu mengenai kosmetik halal. Searching internet, tanya sahabat dekat saya. Namanya: Lia. Lia pake kosmetik Wardah.
kata dia: "Kosmetik Wardah udah Halal ko, Ringan banget, pasti jodoh sama kamu, Neng." Sayapun bilang ke dia "Tapi, kulitku sangat sensitif!?"
Kata Lia lagi. "Kalau ngk percaya coba aja." Sambil menyodorkan poch kosmetiknya. "Tapi jangan lupa cuci muka dulu." Sambil ketawa.
Ternyata bener banget. Ringan, Teksturnya juga smooty banget, Apalagi Moisturizernya, suka :). Minggu yang lalu saya beli beberapa kosmetik dari wardah. Saya belinya yang basic series. Belum lengkap semua sih. InsayAllah, bulan depan saya akan membeli beberapa: cleanser sama tonernya. Itu, sangat saya butuhkan.
My Collection
Sejak SMA, saya memang tidak suka dandan. Sahabat saya mah udah pada dandan. Lha, ko saya cuek banget. hihi... Pake baby powder aja udah cukup rasanya. Tapi lama-kelamaan kulit saya menampakan kekusaman. Kasar. muncul bintik-bintik hitam. gak karuan deh. Mulai kelas tiga, sayapun mencoba beberapa kosmetik. Gak cocok. Ganti lagi. Ganti lagi.  Kalau cowok? Ngk ganti-ganti. Soalnya ngk laku, eh, maksudnya pemilih gitu. hehhehe. akhirnya saya give up. gak pake kosmetik. kembali ke Baby powder. :(
 Lucu sih. Tembem. tapi tampak kusam banget :(

Kulit saya emang sangat sensitif, apalagi pake kosmetik yang enggak jelas asal mulanya. Terutama komposisinya aneh-aneh. Wah, bisa gawat! kulit saya bakal berjerawat. Pas keluar dari SMA tahun 2010 sempat membeli produk kosmetik satu series dan enggak mau pake prodak itu lagi, kosmetiknya sih emang bermerk yang di iklankan di TV *korbaniklan* hahhaha. Saya beli satu series merknya sama. Karna saya mau serangkaian gitu. Se-merk. Pas pertama pake: Facial wash-nya, kulit saya rasanya berdenyut-denyut. Sayapun tidak mengetahui reaksi kimia apa yang sedang bergelut di wajah saya. #haduhbahasaalay *gelindingan* Waktu itu tidak saya hiraukan, terus saja saya pake. dan mulai muncul jerawat satu biji. Galau. Akhirnya saya hentikan. kembali ke bedak tabur dan bukan baby powder lagi. Emang lumayan sih, lembut. Tapi, karna powdery jadinya cepet luntur. Kan cape kudu dipoles lagi mah. Akhirnya saya giveup. Dan memilih Wardah. Sudah satu minggu ini saya pake wardah. Nyaman banget. Apalagi pas pake Facial Wash-nya teksturnya lembut. Non foam. Beda sama yang saya pake tahun lalu. Foam-nya banyak. Kira-kira, satu tahun lebih gak pake Facial Wash.*eluspipi* Facial wash dari wardah ini tidak mengandung detergen atau soap based sehingga kulit saya tidak iritasi apalagi kering.

Yang saya rasakan ketika saya pake Facial wash wardah:
  1. Tidak kesat saat dibilas. Terasa licin untuk beberapa saat. Menurut saya: tidak kesat saat dibilas bukan berati tidak bersih, justru rasa kesat menandakan hilangnya kelembaban dikulit.
  2. Pada saat dipakai terasa lembut diwajah.
  3. Kulit saya terasa lembab setelahnya. *eluspipilagi* :)
 Non foam. Kulit saya terasa kenyal. Tidak berdenyut-denyut lagi pas pake ini. Like it!











Waktu saya beli wardah ini, kan nanya-nanya ke SPG-nya:
"yang cocok buat saya, warna bedaknya apa ya, Mba?" katanya: " Light Ivory aja"
Pas dicobain dirumah, ternyata jadi gelap ke kulitnya. Hiks. Tapi, gak papalah. Sayang kalau ganti warna lagi. Kan masih baru. :)
Luminous Two Way Cake, bedak ini termasuk basic series. Tersedia dalam 4 pilihan warna : Light Beige, Beige, Ivory dan Light Ivory. Waktu pertama kali saya pake ini: teksturnya terasa lembut. Karena mengandung oil kontrol juga mengandung moisturizer dan antioksidan yang membantu mencegah penuaan dini serta menyamarkan noda hitam/flek. Walaupun warnanya tidak sesuai dengan kulit saya, tapi lumayan bisa menutup noda hitam. Soalnya saya memiliki noda hitam eh, bisa dibilang tahi lalat kecil-kecil mirip noda hitam sih *bukakartu* hehhee. Jadinya saya enggak pede gitu kalau gak pake bedak. 
Huhu,, ngk tau kena apa, atasnya jadi kotor gitu. Padahal baru. :(
Pas saya pake moist ini seperti pake air. Teksturnya ngk lengket. Pas banget buat kulit saya. Apalagi kulit saya sensitif. Moisturizer gel ini kaya akan: Ekstrak Chamomille, Pro Vitamin B5 dan Vitamin E sebagai antioksidan. Sepertinya saya berjodoh dengan wardah. Menyenangkan.


Lha, poto hydrogloss-nya kok jadi gitu. Pas saya ngedit foto ini mau ngasih color yang se-warna sama hydogloss-nya ngk nemu-nemu malah jadi aneh. Akhirnya saya menyerah sama warna diatas. gak sesuai :(. Saya sangat suka sama hydrogloss ini. ngk terlalu glossy. Nyaman. :) Apalagi Hydrogloss wardah mengandung: Squalane dan jojoba oil untuk melembabkan bibir dan juga kaya akan: Ekstra Aloe Vera dan vitamin E. Terasa segar dan nyaman jika di aplikasikan ke bibir. Tersedia dalam pilihan warna: 01 Invisible Pink, 02 Autumn Peach, 03 Sheer Brown dan 04 Glazing Plum.

MAKE UP Natural ala saya


Berikut  ini step-stepnya:
  • Perama: ini sangat penting banget. Kamu harus cuci muka dulu, supaya riasan yang akan diaplikasikan kewajah dapat semurna. Bayangkan, jika tidak cuci muka, kotoran yang ada diwajah akan mengendap terus semakin bertumpuk. Akhirnya kulit bakalan jadi kusam. *serem* Jangan lupa pake facial wash-nya dari wardah, soalnya cocok buat semua jenis kulit. Coba deh! gak ada yang moto saat pake facial wash-nya. hiks.
  • Kedua: Saya belum punya milk cleanser sama toner-nya. Jadi, langsung aja gitu ke pelembab. Saya pake Moisturizer gel. Liat deh hasilnya cakep kan!
  • Ketiga: langsung aja gitu pake bedak. Kayanya semua orang juga bisa melakukan ini. Hihihi
  • Keempat: saya langsung pake hydrogloss aja. Tinggal berangkat deh!
  • Tadaaa~ hasilnya cakep 'kan. Natural.

KENAPA SAYA PILIH WARDAH??

Because halal is my life. Apalagi wardah sudah tersertifikasi halal di LPPOM MUI. Tidak hanya makanan yang harus kita perhatikan, termasuk kosmetik. Kosmetik juga bisa masuk ketubuh melalui pori-pori lalu menyerap keseluruh tubuh. Jika seandainya kita menggunakan kosmetik yang belum halal. Apa yang harus kita lakukan?? Teriak? atau membuang semua produk yang kita gunakan itu. Menurut saya, sebaiknya kita mencari tahu dulu ke LPPOM halalmui.org. Tanyakan apa produk yang kamu gunakan sudah tersertifikasi halal apa belum bisa juga bertanya, melalui twitter:  halalcorner.  Hal apapun harus kita perhatikan apalagi kita sebagai muslim.

DEFINISI HALAL DAN HARAM

Setiap muslim wajib meyakini  yang  telah diharamkan dan dihalalkan oleh Allah Ta'ala. Karena dengan keyakinan ini menjadi sebab masuknya seorang mu'min kedalam surga. Sebagaimana disebutkan dalam hadist:
“Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, dia berkata: ‘Apa pendapat anda jika saya menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, apakah saya akan masuk surga?’ Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menjawab:’ya’.” (Muslim, Ahmad, Abu Ya’la, dan Ibnu Mandah)
  1. Halal, artinya boleh dimakan karena zatnya memang halal, dan secara hukum makanan itu halal untuk dimakan. Sesuai dengan firman Allah yang artinya: “Hai Manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagimu” (Q.S. Al-Baqarah: 168). Kita tidak boleh menghalalkan segala cara apalagi untuk kepentingan pribadi. Makanan yang halal akan memberikan dampak positif kedalam tubuh.
  2. Haram, artinya tidak boleh menurut syariat' islam. Apabila dikerjakan dapat menimbulkan dosa dan apabila ditinggalkan mendapatkan pahala. Haram karena hukumnya: disembelih tanpa membaca bassmallah atau makanan itu berupa sesaji dihidangkan dalam ritual-ritual tertentu. Untuk makanan yang dihidangkan dalam sesaji. Jelas haram. Karena, hal itu merupakan kesyirikan. Makanan yang haram akan membawa penyakit bagi tubuh.  Misalnya mengkonsumsi daging babi.  Dalam sebuah penelitian didalam tubuh babi terdapat cacing pita. Jika cacing tersebut termakan oleh manusia cacing pita akan berkembang biak didalam tubuh dan menyebarkan embrionya ke organ, otak dan jaringan bawah kulit yang menyebabkan timbulnya kista. sumber dari sini
Allah Ta'ala telah mengatur sedemikian rupa kebaikan untuk umatNya. Kita sebagai manusia tinggal mengikuti aturan dan ketetapanNya.

Saya sangat percaya dengan wardah karena Wardah telah tersertifikasi halal. Wardah juga sangat inspiratif, menjadi ambassador-nya para artis ternama. Kepercayaan sayapun semakin meningkat. Dian Pelangi adalah artis favorit saya dan juga salah satu inspirasi saya. Dian tampak cantik dengan riasan wardah. Apalagi sekarang, Dian Pelangi telah mengharumkan nama Indonesia karena kekreatifannya sebagai fashion desainer. Keliling dunia pula. Sepertinya Dian Pelangi sangat beruntung menjadi ambassador wardah. #seandainya *bermimpi* :D

Banyak hal yang perlu kita lakukan agar menjadi inspirasi orang lain, yaitu: 

1. Jangan lupa tersenyum 

     Senyum adalah senjata yang paling ampuh didunia, selain kita menjadi cantik dengan tersenyum kita  sudah mendapatkan pahala. Rasulullah SAW juga menganjurkan kita untuk memberikan senyuman kepada siapa aja. Senyum adalah ibadah, sedekah juga 'kan? Nah, sahabat mari kita perbayak senyum. Tapi, jangan senyum-senyum sendiri yaa, nanti dibilang: hightly depressed lho! :D
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Senyum kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau berbuat ma'ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah dan engkau menuangkan air dari embermu kepada ember saudaramu juga sedekah. (HR. Tirmidzi)
 Oia, hampir lupa. Senyum juga banyak manfaatnya lho. bisa dilihat disini

2. Ramah

   Haduh, poin yang ini menurut saya sulit, tapi saya masih belajar ko. Saya sih tergantung mood. Kalau mood-nya baik yah pasti ramah kalau enggak. Yah, judes. *plak* Tapi alangkah baiknya kita saling menyapa dengan tetangga, membantu sesama. #sobenerbanget *tepokjidat* hihihi

3. Percaya Diri dan Optimis

    Percaya diri akan membuat kita bebas dan mengalami kegagalan tanpa membuat diri kita menjadi tidak berharga. Percaya diri juga bisa mendekatkan diri kita pada keberhasilan. Ketika kita merasa percaya diri kita menurun, kita bisa melakukan hal-hal berikut:
  • Kenali rasa ketidaknyamanan kamu.
  • Kenali kesuksesan kamu.
  • Bersyukur atas apa yang kamu dapatkan.
  • Selalu berpikir positif.
  • Berbicalah dengan tersenyum dan
  • Selalu optimis atas semua yang kamu kerjakan. Good luck! :) 

4. Lalukan hal yang positif

    Melakukan hal positif kadang kita menyepelekannya. Mungkin karena hal tertentu. Terlalu sibuk. Padahal, jika kita melakukannya dengan senang hati tubuh kitapun akan merespon baik juga. Saya punya tips untuk menjadi lebih positif,  tips ini dari sahabat saya sih. Yang harus kita lakukan adalah:
  • Tersenyum, saya sudah membahas mengenai manfaar senyum diatas. Senyum dapat meningkatkan energi positif dari tubuh secara alami lho! Apalagi senyumnya ikhlas plus dapat pahala juga kan. :D
  • Minum, ketika kita sres. Kita bahkan lupa minum air, padahal dengan minum yang banyak dapat mengurangi stes. Jangan biarkan tubuhmu dehidrasi yaa. Hal ini juga sempat saya abaikan dampaknya punggug saya terasa nyeri sekali. Kata sahabat saya, itu kekurangan cairan. Akhirnya saya disuruh minum banyak dan rasa nyeri dipunggung sudah hilang.
  • Menarik nafas,  Tariklah nafas dan keluarkan. rasakan energi positif dari tubuhmu. Menikmati dan memanjakan diri sendiri adalah hal yang menyenagkan. Melakukan yoga juga menyenagkan.
  • Gerakan Tubuh, Kapan kira-kira kamu mengerakan tubuhmu sesuai keinginan alamiah tubuh. Rasanya lupa yaa. Karna memang sibuk kerja dan ngk pernah sempat jogging setiap minggu. Hm, hal ini belum bisa saya lakukan. Tapi saya sering melakukan belly dance dirumah. Belajar otodidak. Liat DVD. :D
  • Memejamkan Mata, ketika tubuh kita membutuhkan istirahat kapan terakhir kamu membiarkannya istrahat dan tidak lagi memaksakan kehendak rohani. Biarkan jasmani kita menikmati ke rilekannya. Jangan egois tubuh kita juga perlu kasih sayang kita. Siapa lagi kalau bukan kita yang menjaga. Tidak ada kan.
  • Do Nothing. Poin ini sangat penting menurut saya, ketika kita kehilangan sesuatu, mungkin pikiran kita kacau. Tidak bisa berpikir jernih. Bersantailah. Duduk saja dan melamun. Arahkan pandangan kamu keluar jendela atau tataplah langit yang cerah. Menyenagkan.
  •  
Oia, saya mau bagi-bagi tips cantik natural. Soalnya saya suka tampil alami dan natural. Cantik juga gak harus mahal ko. Kita bisa manfaatin bahan-bahan yang ada didapur, misalnya:
  1. Tomat, dapat mengatasi komedo, kering, kusam, berminyak mengecilkan pori-pori dan dapat mengurangi wajah berjerawat. Karena tomat kaya akan vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K Keasaman pada tomat dapat mengurangi dan membersihkan jerawat. Untuk mengurangi jerawat kamu bisa menempelkan buah tomat segar yang sudah diiris tipis. Biarkan selama satu jam kemudian bilas dengan air anget kuku. Kalau bisa lakukan setiap hari. Tomat juga bisa digunakan sebagai tabir surya alami, lho! keren yah tomat.
  2. Alpukat, kaya akan vitamin A, B, Protein Serta asam lemak essensial. Alpukat juga sangat berperan penting sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit kamu dari pengaruh buruk polutan sekaligus merangsang kolagen untuk menjaga kekencangan dan kelenturan kulit kamu. Cara membuat masker alpukat: kamu ambil dagingnya lalu lumatkan. Kamu juga bisa mencampurnya dengan madu aduk sampai rata. Oleskan merata pada wajah. Biarkan 10 Menit atau sampai mengering kaku. Kemudian bilas dengan air angat kuku dan tekan lembut dengan spons wajah. sumber dari sini
  3. Jeruk nipis, tidak asing lagi ditelinga kita ya. Manfaat jeruk nipis sangat banyak, salah satunya untuk menghilangkan noda hitam. Caranya: ambil satu buah jeruk nipis, belah menjadi dua bagian lalu gosokan ke wajah dengan lembut. Tunggu hingga kering atau sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur. Namun hidari pemakaian jeruk nipis pada bagian kulit yang sedang luka, karena dapat menyebabkan perih pada kulit.
  4. Wortel, kaya akan beta-karotein dapat mencerahkan wajah yang kusam akibat terbakar matahari, sehingga terlihat glowly, Wortel juga dapat dipakai untuk merawat area kulit sekitar mata supaya cerah dan tidak menghitam. Caranya: haluskan 3 buah wortel ukuran sedang (pilih wortel muda, yaa). Tambahkan 2 sendok makan madu dan 3 sendok makan yoghurt (plain), aduk rata. Oleskan pada wajah sambil dipijat ke arah atas dengan lembut. Oleskan juga di sekitar area kulit mata. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. 
  5. Susu, akhir-akhir ini saya lebih sering menggunakan masker susu, saya sudah merasakan khasiatnya, selain memutihkan susu juga dapat membuat kulit terasa kenyal. Saya bahkan pakai masker ini setiap hari paling telat juga 3 hari sekali. Kalau pemakaianya secara teratur bisa terlihat hasilnya. Saya menggunakan susu full cream soalnya kandungan didalam susu full cream ini lebih maksimal. Jangan pake susu low-fat soalnya kurang cocok dijadikan sebagai masker, Caranya: Tuangkan 2 sendok susu full cream campurkan sedikit air. Jadikan seperti pasta. Aduk hingga rata. Lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengering kaku. Bersihkan dengan air angat kuku diikuti dengan facial wash yang kamu pakai. Saya sih pake wardah sekarang mah. Kalau bulan-bulan kemarin kan ngk pake facial wash apapun. hiihi.   keringkan wajah, tepuk-tepuk lembut dengan spons wajah. kemudian kenakan pelembab. Rasakan kekenyalannya. emmm. :)
Saya sedang pake masker susu. Hehhe. :D

Tips alami ini, sangat lama reaksinya. Namun, jika kita tekun melakukannya akan terlihat lebih memuaskan. Sempatkan lah sejenak untuk memanjakan dirimu. :)

Bonus! Tutorial hijab ala saya. LOL! :P



eksis sama wardah dulu ahh..


Sampai disini dulu yah.. See u. :)



 

2 komentar:

Speak On Your Mind